Linux Backtrack 5 "grub rescue>"

Mungkin sudah banyak orang-orang yang mengalami hal ini. "grub rescue>" muncul dikarenakan hilangnya "grub.cfg". Kenapa hilang? Biasanya, ini dikarenakan ketidaksengajaan menghapus sebuah partisi dimana partisi tersebut berisi file-file penting untuk OS Linux anda termasuk "grub.cfg".
Banyak cara untuk menyelesaikan permasalahan ini. Ada yang memilih untuk memakai recovery CD Windows (apabila anda memakai Windows), ada juga yang menggunakan live CD instalasi OS Linux.
Tapi, bagaimana kalau tidak punya Live CD apa pun? Tenang. Silahkan coba cara di bawah ini, dan semoga berhasil.
  1. "grub rescue>" muncul pada saat booting. Ketika "grub rescue>" muncul ketika anda berusaha booting komputer anda, coba anda ketikkan command berikut:
    grub rescue > ls
    
  2. Setelah itu, akan muncul list partisi yang isinya kurang lebih seperti berikut:
    (hd0,0) (hd0,1) (hd0,5) ...
    
    Disinilah anda harus memilih. Anda harus memilih salah satu "(hd0,x)" tersebut yang isinya tentu saja partisi dari instalasi OS Linux anda. Tidak perlu khawatir jika anda salah pilih. Mudah-mudahan tidak terjadi apa-apa. Yang penting, pilih salah satu terlebih dahulu, dan lanjutkan command dibawah ini.
  3. Lanjutkan command berikut:
    grub rescue > set prefix=(hd0,6)/boot/grub
    grub rescue > set root=(hd0,6)
    grub rescue > set
    grub rescue > ls /boot
    grub rescue > insmod /boot/grub/linux.mod
    

    Apabila anda mendapatkan warning yang memberitahukan bahwa insmod tidak dapat dikenali oleh sistem, maka anda harus kembali lagi ke langkah nomor dua dan pilih partisi lainnya.
  4. Lanjut....
    grub rescue > linux /vmlinuz root=/dev/sda6 ro
    grub rescue > initrd /initrd.img
    grub rescue > boot
    
    Jika tidak ada masalah, maka anda akan melihat berbagai macam command berjalan secara otomatis dan pada akhirnya meminta anda untuk memasukkan username untuk boot login "root" dan passwordnya "toor". Jika masih ada masalah, anda harus ulang dari langkah nomor satu dan pilih partisi yang lainnya.
    Dan, jalankan backtrack anda "startx"
  5. Buka Terminal pada Backtrack.
    sudo update-grub
    sudo grub-install /dev/sda
    sudo update-grub
    
    Setelah itu, restart komputer anda.
Selamat mencoba. Semoga berhasil :)
Sekedar informasi, saya tidak tahu pasti kalau cara ini bisa dipakai untuk Linux jenis lain. Karena, saya hanya pernah mencoba di Backtrack. Terima kasih.

Labels: , , , , , , ,