Hashima-Gunkanjima-James Bond 007 'Skyfall'

Thanks To Wikipedia
Pernah lihat film James Bond 007 'Skyfall'? Masih ingat scene waktu agen 007 bertemu dengan musuhnya Raoul Silva? Yuph. Tempatnya ya di pulau ini. Nama pulaunya Hashima atau biasa juga dipanggil Gunkanjima yang artinya Battleship Island atau Pulau Kapal Perang.
Dipanggil Gunkanjima karena bentuk pulaunya seperti kapal perang Jepang yang namanya Tosa.
Thanks To Wikipedia
Awalanya, pulau ini bakalan dijaikan tempat lokasi shooting film 007. Tapi karena alasan keamanan, mereka akhirnya membuat replika dari pulau itu yang dipakai dalam film 'Skyfall'.
Okay. Sekarang berbicara tentang pulau tersebut. Lokasinya di Nagasaki Prefecture dan pulau ini adalah salah satu dari 505 pulau tidak berpenghuni di Nagasaki Prefecture.
Thanks To Wikipedia

Mitsubishi membeli pulau ini pada tahun 1890 dan memulai proyek mereka yaitu pertambangan batu bara bawah laut. Mereka juga membangun bangunan konkrit/beton pertama di Jepang (9 tingkat). Bahan konkrit/beton sengaja dipakai untuk menghadapi kalau-kalau terjadi angin taifun. Pada tahun 1959, populasi pulau mencapai jumlah tertingginya yaitu 5259 orang.
Pada tahun 1960, ketika minyak bumi mulai menggantikan batu bara, semua tambang batu bara yang ada di Jepang mulai ditutup. Pada tahun 1974, Mitsubishi secara resmi menutup pertambangan yang ada disana dan seperti yang di cerita 'Skyfall', pulau tersebut ditinggalkan kosong oleh para penghuninya hanya dalam waktu satu malam. Jadi, sekarang hanya sekedar pulau kosong saja dan ada yang menyebutnya pulau hantu. Tetapi, membuka kembali pulau ini pada 22 April 2009 untuk wisata. Dibawah ini beberapa gambar pulau tersebut.














Labels: , , , , , , , , , , , , , , , ,